WHAT'S NEW?
Loading...

Tips sederhana optimalkan unjuk kerja PC anda

Berikut beberapa Tips Percepat Booting,Ringankan beban CPU
Perkembangan hardware komputer sangatlah pesat, tidak terasa spesifikasi komputer yang kita gunkan sudah ketinggalan jaman, namun dengan sedikit tips sederhana komputer kita bisa kita maksimalkan unjuk kerjanya, berikut tips untuk meringankan beban CPU.


* Langkah pertama via BIOS. setting bios ke settingan optimal.


* Selanjutnya mulai ke area operating system. Untuk Windows XP, mulai dengan membuka System Configuration Utility. Pada tab BOOT.INI, beri tanda (P) pada “/NOGUIBOOT”. Ini akan mempersingkat waktu boot dengan menghilangkan Windows startup screen. Pada tab Startup, seleksi ulang seminimal mungkin item yang sangat dibutuhkan. Hal yang sama juga dilakukan pada service yang dijalankan. Usahakan jumlah service yang ter-load tidak lebih dari 25.

* Windows XP memang tampak begitu memukau pada tampilannya. Jika kebutuhan utama Anda adalah kecepatan dan bukan keindahan, setting ulang interface ini dapat menambah kecepatan. Masuk ke System Properties, pilih tab Advanced. Setting ulang pada pilihan Performance. Kemudian pilih “Adjust for Best Performance” pada tab Visual Effects.

* Menghilangkan wallpaper dan minimalisasi jumlah desktop icon juga dapat mempercepat PC Anda. Kurangi jumlah desktop icon sampai maksimal lima buah.


* Menghilangkan bunyi pada event Start Windows juga akan mempercepat proses boot. Mau lebih cepat lagi? Pilih “No Sounds” pada sound scheme.


* Berapa jumlah font yang terinstal pada Windows Anda? Makin banyak jumlah font yang terinstal akan menambah berat beban kerja PC Anda. Windows secara default menyertakan sejumlah kurang dari 100 

font. Usahakan jumlah font yang terinstal pada kisaran 150 font.

* Anda rajin meng-update driver? Bagus. Namun tahukah Anda, file-file yang digunakan driver lama Anda dapat memperlambat PC. Cara paling mudah menggunakan utility tambahan seperti Driver Cleaner. Utility ini membersihkan driver nVidia dan ATI terdahulu. Driver Cleaner 3.0, juga dapat membersihkan driver lama beberapa chipset motherboard, sound card, dan lain-lain.

3 komentar: Leave Your Comments

  1. tested masbro. makasih solusinya,sekalian tanya nih kalo tambah ram pake flashdisk bisa gak?

    BalasHapus
  2. :) silahkan kalo bermanfaat mas...

    Dari segi hardware komputer, semakin besar RAM komputer maka semakin baik pula performance komputer tersebut, tapi juga tetap di tunjang dengan hardware lainnya.(mobo, proc, PS, dll)

    ada aplikasi yang bernama ebooster,
    dan ini sedikit review nya:

    Eboostr adalah pengembangan dari aplikasi ReadyBoost kemudian SuperFetch yang terdapat di Windows Vista. fungsi software ini adalah untuk meningkatkan kapasitas memory RAM windows XP. dengan fitur smart caching agar aplikasi dan file dapat bekerja lebih maksimal. Eboostr dapat digunakan dengan memakai perangkat USB ataupun Non Removable Media Device seperti (CF, SD/SDHC, MMC, DLL) serta dapat menggunakan memory harddisk yang kosong untuk dialokasikan sebagai cache memory system.

    Gunakan hingga empat perangkat flashdisk untuk mempercepat kinerja PC. Software ini dapat menambah kecepatan ke PC tanpa harus upgrade hardware.

    Namun Perangkat USB hanya bisa berjalan cepat jika port USB pada komputer sudah verdi 2.0, kalo belum speednya lambat dan kecepatan prosesnya juga berkurang. Untuk penambahan perangkat USB bisa ditambah hingga 4 perangkat yang bisa dipakai untuk ruang cache sekaligus. Ukuran cache pada setiap perangkat bisa mencapai maksimal 4 GB, kalo memakai NTFS ukurannya tidak terbatas.

    sebagai perbandingan saja
    yang dibutuhkan bila anda memakai ebooster:
    1. port usb v.2.0
    2. flashdisk dengan transfer data yang baik( banyak beredar flashdisk yang di tulisan keterangannya dah v2.0 tp kecepatan data transfernya kurang bagus).
    3. di atas 1gb cache memory yang di buat ebooster baru akan bekerja maksimal.
    4. efek samping penggunaan flashdisk akan cepat panas karena di akses terus menerus. resiko terburuk flashdisk anda matot.

    demikian sepengetahuan saya mas, daripada repot2 membuat cache memory dari flashdisk, mendingan alokasikan drive di hardisk sebagai cache memorynya..akan lebih baik lagi bila menambahkan memori modul dan yang lebih penting manajemen file+maintenance berkala untuk menjaga performance komputer anda.

    BalasHapus
  3. terima kasih pencerahannya masbro. jadi tambah pengetahuan nih

    BalasHapus